G_KP2: Strategi, Model, Metode, Dan Teknik Komunikasi Efektif Dalam Pembelajaran



RESUME MODUL G_PEDAGOGIK_KP2
Nama             : Uci Potale
Keahlian       : Multimedia
KP                  : 2
Materi             : Strategi, Model, Metode, Dan Teknik Komunikasi Efektif Dalam
Pembelajaran

Setelah mempelajari modul dan memahami materi, guru atau peserta Diklat dapat Mengemukakan strategi dan model komunikasi pembelajaran berdasarkan teori belajar, Mengemukakan metode dan teknik komunikasi efektif dalam pembelajaran, Mempraktikkan komunikasi efektif dalam pembelajaran. Indikator pencapaian kompetensi yang harus dicapai peserta guru atau diklat diharapkan dapat mengemukakan strategi dan model komunikasi pembelajarann berdasarkan teori belajar, Mengemukakan metode dan teknik komunikasi efektif dalam Pembelajaran.

1.    Model Komunikasi Berdasarkan Teori Belajar
Berikut ini diuraikan tentang sejumah model komunikasi sesuai dengan perkembangan teori belajar :
a.    Model mekanistik
Salah satu contoh model komunikasi mekanistis tipe pertama adalah metode ceramah di dalam proses pembelajaran, yaitu guru menyampaikan materi dan peserta didik menyimaknya dengan baik. Guru menghindari membaca buku terlalu sering, karena hal tersebut membuat peserta didik tidak yakin dengan kemampuan yang dimiliki oleh sang guru.

Penggunaan model komunikasi mekanistik mampu merangsang peserta didik lebih aktif, agresif karena rasa ingin tahu akan lebih besar. Namun dalam penyampaian dalam pembelajaran juga harus tepat, sehingga model pembelajaran ini akan terasa pengaruhnya terhadap peserta didik.
b.    Model interaksional
Ciri utama model interaksional adalah terjadinya feedback atau umpan balik antara komunikator dan komunikan. Komunikasi yang berlangsung bersifat dua arah karena terjadi dialog. Setiap partisipan memiliki peran ganda, dalam arti pada satu saat bertindak sebagai komunikator, pada saat yang lain bertindak sebagai komunikan.
c.    Model psikologis
Model komunikasi psikologis yaitu memahami perkembangan perilaku apa saja yang telah diperoleh peserta didik setelah mengikuti pembelajaran tertentu. Media menjadi stimulus dari luar diri khalayak yang akan menyebabkan terjadinya perubahan sikap. Psikologi adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku atau kepribadian manusia.
Model komunikasi psikologis menerangkan bahwa dalam proses komunikasi, yang terlibat bukan hanya faktor fisik semata, tapi aspek psikologis setiap individu turut memegang peranan penting dalam proses komunikasi. Keadaan psikologis seorang individu akan mempengaruhi semua aspek kehidupannya.
d.    Model pragmatis
Model pragmatis ini berkaitan dengan kompleksitas waktu. Model pragmatis memiliki dua arah unsur yang dipandang amat penting, yaitu pertama, tindakan atau perilaku individu, yang dipandang sebagai unsur fundamental fenomenan komunikasi; inipun dianggap sebagai ‘Lokus’ komunikasi yang akibatnya komunikasi dipandang sama atau identik dengan perilaku itu sendiri. Kedua, Unsur waktu, yang dipandang sebagai dimensi tersendiri, yang muncul akibat dari kedua unsur itu sendiri. Tindakan atau perilaku individu dipandang terjadi dalam suatu rangkaian peristiwa yang berkesinambungan, sehingga keberurutan tindakan atau perilaku individu itu menjadi penting.

2. Metode dan teknik Komunikasi Efektif dalam Pembelajaran

a.     Metode Komunikasi Efektif dalam Pembelajaran
1)     Diskusi
Dengan kata lain proses komunikasi dalam bentuk diskusi ini dapat berfungsi untuk (1) Meningkatkan intelektualitas peserta didik atas materi pelajaran yang didiskusikannya. (2) Mewujudkan komunikasi intra dan antar persona di kalangan peserta didik itu sendiri.
2)     Demonstrasi
Demonstrasi merupakan metode yang ampuh dalam upaya mempengaruhi orang lain. Sifat utama dari demonstrasi adalah merangsang peserta didik untuk ikut berpartisipasi dalam proses pembelajaran yang dilakukan oleh gurunya.

b.    Teknik Komunikasi Efektif
Teknik komunikasi dalam proses belajar mengajar dapat dikategorikan dalam dua kelompok besar, yaitu teknik komunikasi berdasarkan nosinya dan teknik keomunikasi berdasarkan saluran yang digunakan.

Teknik komunikasi berdasarkan nosinya, disajikan berikut ini.
a)    Komunikasi informatif (informatif communication)
Teknik Suatu pesan yang disampaikan kepada seseorang atau sejumlah orang tentang hal-hal baru yang diketahuinya
b)    Komunikasi persuasif (persuasive communication)
Proses mempengaruhi sikap, pandangan atau perilaku seseorang dalam bentuk kegiatan membujuk, mengajak, sehingga ia melakukan dengan kesadaran sendiri.
c)    Komunikasi instruktif/koersif (instructive/coersive communication) Komunikasi yang mengandung ancaman, sangsi dan lain-lain yang bersifat paksaan, sehingga orang-orang yang dijadikan sasaran melakukan sesuatu secara terpaksa, karena takut akibatnya.
Selain teknik komunikasi yang diuraikan di atas, teknik komunikasi berikutnya yang perlu pula mendapatkan perhatian guru ketika melakukan pembelajaran adalah teknik komunikasi berdasarkan saluran yang digunakan. Teknik ini diuraikan di bawah ini.
a)    Teknik Komunikasi Langsung
Dalam menerapkan strategi ini beberapa hal yang perlu diperhatian:
1)    Dengarkan seutuhnya apa yang peserta didik inginkan.
2)    Berikan waktu untuk merespon
3)    Lakukan komunikasi lebih sederhana dan jelas
4)    Hargai prestasi apa pun yang ditunjukkan peserta didik
5)    Senantiasalah Memotivasi peserta didik
6)    Katakan sesuatu dengan cara yang lebih positif
7)    Menanggapi sesuatu dengan sabar
8)    Beri tanggapan dengan cara memparaphrase kata-kata yang diucapkan, menggambarkan perilaku khusus yang diperlihatkan, dan tanggapan mengenai kedua hal tersebut.

b)     Teknik Komunikasi Tidak Langsung
Sebaliknya suatu program media tunggal seringkali dapat mencakup beberapa fungsi sekaligus. Fungsi-fungsi tersebut antara lain:
1)    Memberikan pengetahuan tentang tujuan belajar
2)    Memotivasi peserta didik
3)    Menyajikan informasi
4)    Merangsang diskusi
5)    Mengarahkan kegiatan peserta didik
6)    Menguatkan belajar

3.    Praktik Komunikasi fektif dalam Pembelajaran

Komunikasi dalam pembelajaran dikatakan efektif jika pesan yang dalam hal ini adalah materi pelajaran dapat diterima dan dipahami, serta menimbulkan umpan balik yang positif oleh peserta didik.Komunikasi efektif dalam pembelajaran harus didukung dengan keterampilan komunikasi antar pribadi yang harus dimiliki oleh seorang guru.
Berikut ini disajikan sejumlah praktik komunikasi efektif dalam pembelajaran. Dinukilkan sejumlah dialog yang dipandang efektif dalam melakukan komunikasi dengan peserta didik.
1. Pembukaan/ apersepsi.
2. Menginstruksikan.
3. Memuji dan memotivasi.
4. Penguatan.
5. Penutup/ refleksi.


Komentar