RESUME MODUL
F_PEDAGOGIK_KP6
Nama : Uci Potale
Keahlian : Multimedia
KP : 6
Materi : Mengaplikasikan Pemanfaatan E-Learning
Setelah memahami materi, guru atau
peserta dapat menggunakan Elearning Moodle dalam mengembangkan media
pembelajaran materi dan dapat memenuhi capaian indikator kompetensi pembelajaran
yaitu mampu mengidentifikasi kebutuhan penggunaan e-learning moodle dalam
pembelajaran berbasis TIK dan peserta menerapkan e-learning moodle sebagai
media pembelajaran.
Materi
Aplikasi pengelolaan
pembelajaran sering juga disebut sebagai Learning Management System (LMS) yang
disebut Moodle. Moodle merupakan perangkat lunak open source yang mendukung
implementasi e-learning yaitu program komputer yang dibangun untuk melayani
pembelajaran berbasis TIK berdasarkan aturan tata kelola yang ditetapkan.
1.
PERSIAPAN COURSE
E-learning persiapan materi dibuat terorganisir dalam
format digital berupa dokumen (doc, pdf, xls, txt, html), presentasi (ppt),
gambar (jpg, gif,png), video (mpg, wmv), suara (mp3, au, wav), animasi (swf,
gif).
Program
berisikan data tentang pelajaran yang akan disajikan mengenai nama mata pelajaran,semester,
guru, deskripsi, tujuan pembelajaran dan lainnya. Berikut adalah contoh program
mapping yang harus dipersiapkan.
PROGRAM MAPPING
I.
NAMA MATA PELAJARAN :
II.
SEMESTER :
III.
GURU :
IV.
DESKRIPSI MATA PELAJARAN :
V.
TUJUAN PEMBELAJARAN :
1.
EDIT PROFIL USER
a. Login dengan memasukkan username dan password
yang telah dibuat atau diberikan oleh admin.
b. Setelah login berhasil, di sebelah kanan
atas akan tampil nama username. Untuk memulai mengubah profil, klik-lah nama
tersebut
c. Selanjutnya akan muncul tampilan layar
personal profile. Kemudian klik-lah tab edit profile. Pada tab edit
profile, Anda dapat mengubah berbagai informasi pribadi, misalnya: nama,
alamat email, kota, gambar pribadi, atau informasi lainnya
d. Setelah selesai mengubah profil, klik update
profile yang terletak pada bagian bawah halaman tersebut.
2.
CARA MENDAFTAR KE COURSE DAN GRUP COURSE
MELALUI UPLOAD FILE
Untuk mendaftarkan diri ke dalam suatu
course, siswa dapat melakukan enrolment secara manual dengan meng-klik
course yang akan diikuitinya kemudian memasukkan enrollment key yang
telah diberikan oleh guru. Sedangkan untuk pendaftaran yang dilakukan secara massal
dapat dilakukan oleh admin dengan langkah-langkah sebagai berikut:
1)
Persiapkan file yang
dibuat melalui Microsoft Excel dengan format sebagai berikut
2)
Simpan file diatas
menggunakan ‘Save As > Other Format’.
3)
Masukkan nama file
dan pilih ‘save as type’ CSV (Comma Delimited) (*.csv).
4)
Klik ‘OK’, kemudian
muncul peringatan berikut dan klik ‘Yes’
5)
Setelah file berhasil
disimpan, kemudian kembali ke Moodle dan lakukan langkah berikut.
6)
Login sebagai Admin,
kemudian melalui menu Administration masuklah
ke “User >> Account >> Upload
User”,
7) “Browse” file
*.csv yang tadi telah dibuat
8) Ubahlah “CSV delimiter” menjadi “;” seperti
gambar diatas kemudian klik “Upload users”
9) Apabila muncul tampilan Upload Users Preview, maka
proses upload dapat dilanjutkan, sedangkan jika muncul eror, ubah lagi CSV
delimiter menjadi “,” atau “:”. Hal ini bergantung pada setting regional masing-masing
PC.
10) Setelah muncul tampilan Upload Users
Preview, ubah setting Upload type menjadi “Update existing user
only” (hanya menambah data untuk user yang sudah ada). Kemudian klik “Upload
user” pada bagian bawah.
11) Apabila proses upload berhasil akan muncul
tampilan seperti di bawah ini. Klik “Continue” untuk melanjutkan proses
lainnya.
Langkah berikut dilakukan untuk
mendaftarkan siswa kedalam grup yang telah dibuat.
12) .Untuk mendaftarkan user kedalam grup tertentu pada satu
kelas, maka dapat ditambahkan kolom dengan judul group1 pada file *.csv
seperti tampilan berikut.
13) Kemudian upload file tersebut dengan mengikuti
langkah 2 sampai langkah 11. Maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini.
Klik “Continue” untuk melanjutkan proses lainnya.
3 PENAMBAHAN RESOURCE
Ada dua cara memasukkan materi pelajaran ke
dalam situs web e-learning sekolah, pertama yaitu dengan cara
mengetikkan materi yang akan diajarkan langsung ke dalam situs web (file HTML)
dan kedua dengan meng-upload materi yang sudah ada atau telah dibuat
sebelumnya dalam bentuk file word, powerpoint, pdf, dan lain-lain.
Dalam
memasukkan materi pembelajaran pada minggu tertentu (bila menggunakan format
mingguan) atau pada topik tertentu, gunakan menu ”Add a resource...” pada
minggu tersebut. Kemudian pada menu add resource tersebut terdapat beberapa
daftar pilihan menu sebagai berikut :
a.
Insert a label/label
b.
Compose
a text page/halaman teks
c.
Compose
a web page/halaman web
d.
Link
to a file or web site/link ke file atau web site
e.
Display
a directory/direktori
f.
Add
an IMS content package/paket IMS
Beberapa cara memasukkan
materi/resource ke dalam situs web elearning sekolah antara lain:
a.
Insert a Label
Label hanya berupa text dan grafis, dimana materi
teks dan gambar akan digabungkan dan ditampilkan langsung pada materi
pembelajaran di halaman utama mata pelajaran. Ringkasan, isi materi dan gambar
akan dijadikan satu dalam suatu bentuk yang disebut Labels.
Langkah-langkah menambahkan label dalam course:
1) Pada
menu “Add a resource…” pilih “Insert a label”,
kemudian akan muncul form seperti pada tampilan berikut
2) Kemudian untuk membuat label pada suatu halaman course
dapat mengetikkan langsung pada form label dan memanfaatkan fungsi toolbar
untuk menambahkan gambar, table, link, ataupun membuat teks berformat.
3) Untuk menambahkan
gambar pada label dalam materi pilih icon “insert image”.
4) Pilih (ü) dan klik file gambar yang tersedia hingga muncul “image
url” nya atau apabila gambar belum tersedia maka perlu di-upload terlebih
dahulu, klik “browse” kemudian “upload”, dan pilih gambar yang
telah diupload tersebut.
5) Ketikkan nama gambar pada “alternate text”, kemudian
klik“ok”
6) Kemudian pada form yang sama isilah deskripsi/ringkasan
materi yang akan diberikan untuk siswa, kemudian “save and return to
course”. Maka akan muncul tampilan label pada course seperti berikut;
b. Link to a file or website/Link ke file atau web site
Langkah-langkah membuat link materi adalah:
1) Klik tombol “Turn editing on”
2) Klik bagian “Add a resource” pada
panel utama, akan muncul tipe/format bahan ajar yang ingin dibuat, pilih “Link
to a file or website”. Setelah itu akan muncul tampilan halaman form
“Adding a new Resource to week…”
3) Pada halaman “Adding a new resources”
isi nama/judul materi pelajaran pada form “Name”. Kemudian pada form “Summary”
isilah dengan penjelasan/ringkasan deskripsi materi pelajran
4) Pada form “location” dapat diisi
dengan alamat website suatu materi yang akan ditampilkan atau apabila ingin
menambahkan materi dari file yang tersedia maka perlu di-upload.
5) Untuk meng-upload file, klik tombol “Choose
or upload a file” untuk memilih file yang akan di-upload.
6) Apabila file belum tersedia klik
tombol “Upload File”, kemudian akan muncul halaman untuk meng-upload
file. Tekan “Browse” untuk memilih file pada explorer lalu pilih materi
yang akan di-upload, lalu tekan open. Setelah itu tekan tombol “Upload this
file” untuk mengupload file.
7) Kemudian pilih (ü) materi yang akan ditampilkan dan
klik pada link “choose” pada file yang telah diupload tersebut.
8) Apabila file sudah tersedia langsung
pilih (ü) materi yang akan ditampilkan dan
klik link “Choose” untuk memilih file yang sudah tersedia, kemudian akan
kembali ke halaman “Adding new resources” dan klik “Save Changes”
Komentar
Posting Komentar