F_KP6: Mengaplikasikan Pemanfaatan E-Learning



RESUME MODUL F_PEDAGOGIK_KP6
Nama             : Uci Potale
Keahlian       : Multimedia
KP                  : 6
Materi             : Mengaplikasikan Pemanfaatan  E-Learning

Setelah memahami materi, guru atau peserta dapat menggunakan Elearning Moodle dalam mengembangkan media pembelajaran materi dan dapat memenuhi capaian indikator kompetensi pembelajaran yaitu mampu mengidentifikasi kebutuhan penggunaan e-learning moodle dalam pembelajaran berbasis TIK dan peserta menerapkan e-learning moodle sebagai media pembelajaran.

Materi
Aplikasi pengelolaan pembelajaran sering juga disebut sebagai Learning Management System (LMS) yang disebut Moodle. Moodle merupakan perangkat lunak open source yang mendukung implementasi e-learning yaitu program komputer yang dibangun untuk melayani pembelajaran berbasis TIK berdasarkan aturan tata kelola yang ditetapkan.

1.     PERSIAPAN COURSE
E-learning persiapan materi dibuat terorganisir dalam format digital berupa dokumen (doc, pdf, xls, txt, html), presentasi (ppt), gambar (jpg, gif,png), video (mpg, wmv), suara (mp3, au, wav), animasi (swf, gif).

Program berisikan data tentang pelajaran yang akan disajikan mengenai nama mata pelajaran,semester, guru, deskripsi, tujuan pembelajaran dan lainnya. Berikut adalah contoh program mapping yang harus dipersiapkan.

PROGRAM MAPPING
I.              NAMA MATA PELAJARAN               :
II.            SEMESTER                                          :
III.           GURU                                                    :
IV.          DESKRIPSI MATA PELAJARAN     :
V.           TUJUAN PEMBELAJARAN              :




1.    EDIT PROFIL USER

a.     Login dengan memasukkan username dan password yang telah dibuat atau diberikan oleh admin.
b.    Setelah login berhasil, di sebelah kanan atas akan tampil nama username. Untuk memulai mengubah profil, klik-lah nama tersebut
c.    Selanjutnya akan muncul tampilan layar personal profile. Kemudian klik-lah tab edit profile. Pada tab edit profile, Anda dapat mengubah berbagai informasi pribadi, misalnya: nama, alamat email, kota, gambar pribadi, atau informasi lainnya
d.    Setelah selesai mengubah profil, klik update profile yang terletak pada bagian bawah halaman tersebut.

2.    CARA MENDAFTAR KE COURSE DAN GRUP COURSE MELALUI UPLOAD FILE
Untuk mendaftarkan diri ke dalam suatu course, siswa dapat melakukan enrolment secara manual dengan meng-klik course yang akan diikuitinya kemudian memasukkan enrollment key yang telah diberikan oleh guru. Sedangkan untuk pendaftaran yang dilakukan secara massal dapat dilakukan oleh admin dengan langkah-langkah sebagai berikut:
1)    Persiapkan file yang dibuat melalui Microsoft Excel dengan format sebagai berikut
2)    Simpan file diatas menggunakan ‘Save As > Other Format’.
3)    Masukkan nama file dan pilih ‘save as type’ CSV (Comma Delimited) (*.csv).
4)    Klik ‘OK’, kemudian muncul peringatan berikut dan klik ‘Yes’
5)    Setelah file berhasil disimpan, kemudian kembali ke Moodle dan lakukan langkah berikut.
6)    Login sebagai Admin, kemudian melalui menu Administration masuklah
ke “User >> Account >> Upload User”,
7)    “Browse” file *.csv yang tadi telah dibuat
8)    Ubahlah “CSV delimiter” menjadi “;” seperti gambar diatas kemudian klik “Upload users”
9)    Apabila muncul tampilan Upload Users Preview, maka proses upload dapat dilanjutkan, sedangkan jika muncul eror, ubah lagi CSV delimiter menjadi “,” atau “:”. Hal ini bergantung pada setting regional masing-masing PC.
10)  Setelah muncul tampilan Upload Users Preview, ubah setting Upload type menjadi “Update existing user only” (hanya menambah data untuk user yang sudah ada). Kemudian klik “Upload user” pada bagian bawah.
11)  Apabila proses upload berhasil akan muncul tampilan seperti di bawah ini. Klik “Continue” untuk melanjutkan proses lainnya.
Langkah berikut dilakukan untuk mendaftarkan siswa kedalam grup yang telah dibuat.
12) .Untuk mendaftarkan user kedalam grup tertentu pada satu kelas, maka dapat ditambahkan kolom dengan judul group1 pada file *.csv seperti tampilan berikut.
13)  Kemudian upload file tersebut dengan mengikuti langkah 2 sampai langkah 11. Maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini. Klik “Continue” untuk melanjutkan proses lainnya.

3   PENAMBAHAN RESOURCE
Ada dua cara memasukkan materi pelajaran ke dalam situs web e-learning sekolah, pertama yaitu dengan cara mengetikkan materi yang akan diajarkan langsung ke dalam situs web (file HTML) dan kedua dengan meng-upload materi yang sudah ada atau telah dibuat sebelumnya dalam bentuk file word, powerpoint, pdf, dan lain-lain.
Dalam memasukkan materi pembelajaran pada minggu tertentu (bila menggunakan format mingguan) atau pada topik tertentu, gunakan menu ”Add a resource...” pada minggu tersebut. Kemudian pada menu add resource tersebut terdapat beberapa daftar pilihan menu sebagai berikut :
a.    Insert a label/label
b.    Compose a text page/halaman teks
c.    Compose a web page/halaman web
d.    Link to a file or web site/link ke file atau web site
e.    Display a directory/direktori
f.     Add an IMS content package/paket IMS




Beberapa cara memasukkan materi/resource ke dalam situs web elearning sekolah antara lain:
a.      Insert a Label
Label hanya berupa text dan grafis, dimana materi teks dan gambar akan digabungkan dan ditampilkan langsung pada materi pembelajaran di halaman utama mata pelajaran. Ringkasan, isi materi dan gambar akan dijadikan satu dalam suatu bentuk yang disebut Labels.
Langkah-langkah menambahkan label dalam course:
1)   Pada menu “Add a resource…” pilih “Insert a label”, kemudian akan muncul form seperti pada tampilan berikut
2)   Kemudian untuk membuat label pada suatu halaman course dapat mengetikkan langsung pada form label dan memanfaatkan fungsi toolbar untuk menambahkan gambar, table, link, ataupun membuat teks berformat.
3)    Untuk menambahkan gambar pada label dalam materi pilih icon “insert image”.
4)   Pilih (ü) dan klik file gambar yang tersedia hingga muncul “image url” nya atau apabila gambar belum tersedia maka perlu di-upload terlebih dahulu, klik “browse” kemudian “upload”, dan pilih gambar yang telah diupload tersebut.
5)   Ketikkan nama gambar pada “alternate text”, kemudian klik“ok”
6)   Kemudian pada form yang sama isilah deskripsi/ringkasan materi yang akan diberikan untuk siswa, kemudian “save and return to course”. Maka akan muncul tampilan label pada course seperti berikut;



  b.
Link to a file or website/Link ke file atau web site



Langkah-langkah membuat link materi adalah:
1)    Klik tombol “Turn editing on”
2)    Klik bagian “Add a resource” pada panel utama, akan muncul tipe/format bahan ajar yang ingin dibuat, pilih “Link to a file or website”. Setelah itu akan muncul tampilan halaman form “Adding a new Resource to week…”
3)    Pada halaman “Adding a new resources” isi nama/judul materi pelajaran pada form “Name”. Kemudian pada form “Summary” isilah dengan penjelasan/ringkasan deskripsi materi pelajran
4)    Pada form “location” dapat diisi dengan alamat website suatu materi yang akan ditampilkan atau apabila ingin menambahkan materi dari file yang tersedia maka perlu di-upload.
5)    Untuk meng-upload file, klik tombol “Choose or upload a file” untuk memilih file yang akan di-upload.
6)    Apabila file belum tersedia klik tombol “Upload File”, kemudian akan muncul halaman untuk meng-upload file. Tekan “Browse” untuk memilih file pada explorer lalu pilih materi yang akan di-upload, lalu tekan open. Setelah itu tekan tombol “Upload this file” untuk mengupload file.
7)    Kemudian pilih (ü) materi yang akan ditampilkan dan klik pada link “choose” pada file yang telah diupload tersebut.
8)    Apabila file sudah tersedia langsung pilih (ü) materi yang akan ditampilkan dan klik link “Choose” untuk memilih file yang sudah tersedia, kemudian akan kembali ke halaman “Adding new resources” dan klik “Save Changes”
 

Komentar