G_KP1: Konsep Dan Prinsip Komunikasi Efektif Dalam Pembelajaran



RESUME MODUL G_PEDAGOGIK_KP1
Nama             : Uci Potale
Keahlian       : Multimedia
KP                  : 1
Materi             : Konsep Dan Prinsip Komunikasi Efektif dalam Pembelajaran

Setelah memahami materi, guru atau peserta Diklat dapat mengemukakan konsep dan prinsip komunikasi, dapat mengemukakan konsep dan prinsip pembelajaran dan dapat memenuhi capaian indikator kompetensi pembelajaran yaitu mampu menjelaskan konsep komunikasi, menjelaskan konsep pembelajaran, menjelaskan konsep komunikasi efektif dalam pembelajaran, menjelaskan prinsip-prinsip komunikasi, dan menjelaskan prinsip-prinsip pembelajaran.

1.    Konsep dan Prinsip Komunikasi

Komunikasi adalah faktor yang sangat penting dalam kegiatan belajar mengajar. Komunikasi yang efektif sangat diperlukan agar pesan yang disampaikan oleh guru dapat diterima dengan baik oleh peserta didik. Sebagai komunikator, seorang guru harus menguasai strategi, metode dan tehnik komunikasi yang efektif dalam pembelajaran.
Secara etimologi, komunikasi berasal dari kata communicare yang berarti “membuat sama”. Definisi kontemporer menyatakan bahwa komunikasi berarti “mengirim pesan”. Menurut (Effendy. 2003: 9) istilah komunikasi (communication) berasal dari kata latin communication, dan bersumber dari kata communis yang berarti sama. Sama di sini maksudnya adalah sama makna.

Unsur-unsur Komunikasi, yakni:
1.    Komunikator
2.    Pesan,
3.    Media.
4.    Komunikan
5.    Efek
Untuk lebih jelasnya perhatikan diagram di bawah ini.

Diagram Lima Komponen Komunikasi
Sebagai penjabaran lebih jauh dari definisi dan hakekat komunikasi, Deddy Mulyana, Ph. D menguraikan 12 prinsip-prinsip komunikasi sebagai berikut:
a)       Komunikasi adalah proses simbolik.
b)       Setiap prilaku mempunyai potensi komunikasi.
c)       Komunikasi mempunyai dimensi isi dan dimensi hubungan.
d)       Komunikasi berlangsung dengan berbagai tingkat kesengajaan.
e)       Komunikasi terjadi dalam konteks ruang dan waktu.
f)        Komunikasi melibatkan prediksi peserta komunikasi.
g)       Komunikasi bersifat sistematik.
h)       Semakin mirip latar belakang sosial budaya, semakin efektiflah
 Komunikasi
i)       Komunikasi bersifat nonsekuensial.
j)        Komunikasi bersifat prosesual, dinamis dan transaksional.
k)     Komunikasi bersifat irreversible.
l)       Komunikasi bukan panasea untuk menyelesaikan berbagai masalah.

2.    Konsep dan Prinsip Pembelajaran

Menurut Undang-Undang no. 20 Tahun 2003 tentang sisdiknas pasal 1 ayat 20, pembelajaran merupakan sebuah proses interaksi antara peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar dalam suatu lingkungan belajar. Sedangkan menurut Dimyati dan Mudjiono, pembelajaran merupakan aktivitas pendidik atau guru secara terprogram melalui desain instruksional agar peserta didik dapat belajar secara aktif dan lebih menekankan pada sumber belajar yang disediakan.
Agar transfer pengetahuan itu berjalan dengan baik, perlu diperhatikan
prinsip-prinsip belajar sebagai berikut :
a)    Perhatian dan Motivasi
b)    Keaktifan
c)    Keterlibatan Langsung/Pengalaman
d)    Pengulangan
e)    Tantangan
f)     Balikan dan Penguatan
g)    Perbedaan Individual

3.    Komunikasi Efektif dalam Pembelajaran

Ditinjau dari prosesnya pembelajaran adalah komunikasi, dalam arti bahwa dalam proses tersebut terlibat dua komponen yang terdiri atas manusia, yakni pengajar sebagai komunikator dan pelajar sebagai komunikan. Pada umumnya setiap proses pembelajaran memiliki tujuan khusus.

Tujuan Tujuan pembelajaran akan tercapai apabila prosesnya komunikatif. Biasanya pembelajaran berlangsung secara terencana di dalam kelas melalui tatap muka. Meskipun komunikasi yang terjadi antara pelajar dan pengajar di dalam ruang kelas itu termasuk komunikasi kelompok, sewaktuwaktu bisa berubah menjadi komunikasi antar personal, maka terjadilah komunikasi dua arah.
Secara teoritis, pada waktu seorang pelajar melakukan intra komunikasi, terjadilah proses yang terdiri atas 3 tahap :
a.    Persepsi.
b.    Ideasi
c.    Transmisi.

Beberapa unsur yang perlu diperhatikan untuk menciptakan komunikasi efektif dalam pembelajaran adalah :

1.      Semua komponen dalam komunikasi pembelajaran diusahakan dalam kondisi ideal/baik
 
a.    Pesan (message) harus jelas,
b.    Sumber (guru)
c.     Penerima (siswa)
d.    Lingkungan (setting)
e.    Materi (media software)
f.     Alat (Device) tidak rusak,
g.    Teknik/prosedur penggunaan
2.   
1.    Proses encoding dan decoding tidak mengalami pembiasan arti/makna
2.    Penganalogian harus dilakukan untuk membantu membangkitkan pengertian baru dengan pengertian lama yang pernah mereka dapat.
3.    Meminimalisasi tingkat gangguan (barrier/noise) dalam proses komunikasi mulai dari proses penyandian sumber, proses penyimbolan dalam software dan hardware, dan proses penafsiran penerima.
4.    Feedback dan respons harus ditingkatkan intensitasnya untuk mengukur efektifitas dan efisiensi ketercapaian.
5.    Pengulangan (repetition) harus dilakukan secara kontinyu maupun progresif.
6.    Evaluasi proses dan hasil harus dilakukan untuk melihat kekuranga dan perbaikan.
7.    Delapan aspek pendukung dalam komunikasi; fisik, psikologi, sosial dan waktu harus dibentuk dan diselaraskan dengan kondisi komunikasi yang sedang berlangsung agar tidak menghambat proses komunikasi pembelajaran. (M. Miftah. M.Pd).



Komentar