F_KP3 : Pengintegrasian TIK Dalam Pembelajaran



RESUME MODUL F_KP3_PEDAGOGIK
NAMA            : Uci Potale
KP                  : 3
KEAHLIAN    : MULTIMEDIA
MATERI         :PENGINTEGRASIAN TIK DALAM PEMBELAJARAN

Tujuan
Peserta mampu mengintegrasikan TIK dalam pembelajaran.
Indikator Pencapaian Kompetensi
1. Peserta dapat memahami pengintegrasian TIK dalam pembelajaran
2. Peserta dapat mengintegrasikan TIK dalam pembelajaran

Pembelajaran berbasis TIK dirancang dengan beberapa pertimbangan berikut.
Kolaboratif; pembelajaran bersifat sosial, yang dapat dilakukan dengan menciptakan pembelajaran berkelompok.
Bermain sambil belajar, merupakan cara terbaik untuk memulai belajar dengan mengintegrasikan pembelajaran berbasis TIK.
Menyediakan banyak pilihan, dengan mendesain gaya belajar melalui program komputer, menyediakan banyak pilihan seperti pemilihan warna, materi, pemberian suara dengan menggabungkan berbagai unsur sehingga didapat berbagai gaya belajar.
Pembuatan program pembelajaran, berdasarkan hasil pengalaman atau
berdasarkan hasil penelitian, melalui rangcangn pembelajaran berbantuan
komputer yang melibatkan interaksi sosial.

Model integrasi TIK dalam pembelajaran dapat digambarkan seperti pada Gambar 9,yaitu memiliki dua dimensi: 1) teknologi, dan 2) pedagogi. Dimensi teknologi memiliki makna merujuk untuk semua jenis TIK, sedangkan dimensi pedagogi adalah seni dan ilmu dalam mengajar.


(Sumber: http://fxekobudi.net//konsep-integrasi-tik-dalam-pembelajaranmenurut-
unesco-kurikulum-

Pada kedua dimensi teknologi dan pedagogi, terdapat empat tahapan model integrasi TIK pada sistem pendidikan dan sekolah, (tahapan kontinum) UNESCO (2011), yaitu; Emerging (muncul), Applying (menerapkan), Infusing (menanamkan) dan Transforming (transformasi).

Tujuannya adalah pemanfaatan fungsi komputer sebagai perangkat keras dan perangkat lunak untuk mengolah, menganalisis dan mentransmisikan data.

TIK mempunyai kemampuan teknologi yang memungkinkan pertukaran informasi dan berkomunikasi dengan orang lain, dengan perangkat dan fungsi untuk capturing (menangkap), interpreting (menafsirkan), storing (menyimpan), dan transmitting (mengirimkan) informasi seperti disajikan.


Dalam mengintegrasikan pembelajaran perlu pengetahuan fungsi teknologi yang memilliki fungsi utama dalam kegiatan pembelajaran, yaitu (1) teknologi berfungsi sebagai alat (tools), dalam hal ini TIK digunakan sebagai alat bantu bagi peserta didik untuk membantu pembelajaran, misalnya dalam mengolah kata, mengolah angka, membuat unsur grafis, dll (2) teknologi berfungsi sebagai ilmu pengetahuan (science). Dalam hal ini teknologi sebagai bagian dari disiplin ilmu yang harus dikuasai. (3) Teknologi berfungsi sebagai bahan untuk pembelajaran (literacy).

Kerjasama yang dilakukan oleh guru dan ahli media dapat dilakukan dalam merancang, mengembangkan dan mencoba efektifitas pengunaan media pembelajaran untuk mencapai tujuan belajar.

Komentar