RESUME
MODUL F_KP3_PEDAGOGIK
NAMA : Uci Potale
KP : 3
KEAHLIAN : MULTIMEDIA
MATERI :PENGINTEGRASIAN TIK DALAM PEMBELAJARAN
Tujuan
Peserta mampu
mengintegrasikan TIK dalam pembelajaran.
Indikator Pencapaian
Kompetensi
1. Peserta dapat
memahami pengintegrasian TIK dalam pembelajaran
2.
Peserta dapat mengintegrasikan TIK dalam pembelajaran
Pembelajaran berbasis TIK dirancang dengan beberapa
pertimbangan berikut.
Kolaboratif;
pembelajaran bersifat sosial, yang dapat dilakukan dengan menciptakan pembelajaran
berkelompok.
Bermain sambil
belajar, merupakan cara terbaik
untuk memulai belajar dengan mengintegrasikan pembelajaran berbasis TIK.
Menyediakan banyak
pilihan, dengan mendesain gaya
belajar melalui program komputer, menyediakan banyak pilihan seperti pemilihan
warna, materi, pemberian suara dengan menggabungkan berbagai unsur sehingga didapat
berbagai gaya belajar.
Pembuatan program
pembelajaran, berdasarkan hasil
pengalaman atau
berdasarkan hasil penelitian, melalui rangcangn
pembelajaran berbantuan
komputer yang melibatkan interaksi sosial.
Model integrasi TIK dalam pembelajaran dapat
digambarkan seperti pada Gambar 9,yaitu memiliki dua dimensi: 1) teknologi, dan
2) pedagogi. Dimensi teknologi memiliki makna merujuk untuk semua jenis
TIK, sedangkan dimensi pedagogi adalah seni dan ilmu dalam mengajar.
(Sumber:
http://fxekobudi.net//konsep-integrasi-tik-dalam-pembelajaranmenurut-
unesco-kurikulum-
Pada
kedua dimensi teknologi dan pedagogi, terdapat empat tahapan model integrasi
TIK pada sistem pendidikan dan sekolah, (tahapan kontinum) UNESCO (2011),
yaitu; Emerging (muncul), Applying (menerapkan), Infusing
(menanamkan) dan Transforming (transformasi).
Tujuannya adalah pemanfaatan fungsi komputer sebagai
perangkat keras dan perangkat lunak untuk mengolah, menganalisis dan
mentransmisikan data.
TIK mempunyai kemampuan teknologi yang memungkinkan
pertukaran informasi dan berkomunikasi dengan orang lain, dengan perangkat dan fungsi
untuk capturing (menangkap), interpreting (menafsirkan), storing
(menyimpan), dan transmitting (mengirimkan) informasi seperti disajikan.
Dalam mengintegrasikan pembelajaran perlu pengetahuan
fungsi teknologi yang memilliki fungsi utama dalam kegiatan pembelajaran, yaitu
(1) teknologi berfungsi sebagai alat (tools), dalam hal ini TIK
digunakan sebagai alat bantu bagi peserta didik untuk membantu pembelajaran, misalnya
dalam mengolah kata, mengolah angka, membuat unsur grafis, dll (2) teknologi
berfungsi sebagai ilmu pengetahuan (science). Dalam hal ini teknologi
sebagai bagian dari disiplin ilmu yang harus dikuasai. (3) Teknologi berfungsi
sebagai bahan untuk pembelajaran (literacy).
Kerjasama yang dilakukan oleh guru dan ahli media dapat dilakukan dalam merancang, mengembangkan dan mencoba efektifitas pengunaan media pembelajaran untuk mencapai tujuan belajar.
Komentar
Posting Komentar