RESUME MODUL F_PEDAGOGIK_KP4
NAMA :
UCI POTALE
KEAHLIAN : MULTIMEDIA
MATERI :
MODUL F
KP-4
: MENGEMBANGKAN MEDIA PEMBELAJARAN
Adapun tujuan dari
pemahaman materi adalah guru dapa mengembangkan dan menerapkan media
pembelajaran berbasis TIK, serta indikator yang menjadi capaian kompetensi guru
setelah mempelajari materi modul pedagogik adalah Guru mampu mengidentifikasi
fungsi media pembelajaran, guru mampu mengembangkan media pembelajaran berbasis
TIK, dan guru mampu menerapkan media pembelajaran berbasis TIK.
1. MENGIDENTIFIKASI MEDIA PEMBELAJARAN
Apa yang di maksud dengan media pembelajaran ?
Media
adalah
perantara atau pengantar pesan dari pengirim ke penerima pesan. Sehingga
menjadi alat bantu belajar yang dapat menyalurkan pesan (Sadirman, 2006:14)
Media
Pembelajaran meliputi alat yang secara fisik digunakan
umtuk menyampaikan isi materi pengajaran, seperti buku, tape-recorder, kaset,
video kamera, visio recorder, film, slide, foto, gambar, grafik, televisi dan
komputer. Jadi yang dimaksud dengan media pembelajaran segala sesuatu yang
sudah berisi meteri pembelajaran, yang dapat dimanfaatkan untuk mencapai indikator
kompetensi pada rana kognitif (pengetahuan); afektif (perubahan sikap) dan
psikomotorik (keterampilan) Menurut
Gagne dan Briggs (1975).
Apa Fungsi
Media pembelajaran ?
Beberapa
fungsi media pembelajaran, menurut Santyasa, W., (2007:5-6) sebagai berikut:
a. Media
pembelajaran dapat melampaui batasan ruang kelas.
b. Media
pembelajaran dapat mengatasi keterbatasan dan perbedaan pengalaman.
c. Media
pembelajaran dapat menjangkau audien yang besar jumlahnya dan memungkinkan
mengamati objek secara bersamaan, melalui siaran radio, televisi mengikuti
pembelajaran secara bersamaan.
d. Media
pembelajaran yang tepat dapat memberikan ilustrasi konsep dasar yang benar,
konkrit, dan realistis.
e. Media
pembelajaran yang baik juga dapat merangsang dan membangkitkan motivasi dan
minat belajar.
f. Media
pembelajaran interaktif memungkinkan adanya interaksi langsung antara peserta
didik dengan sumber belajar dan pelaksanaan belajar sesuai dengan kemampuan,
minat, dan waktu masing-masing.
Untuk
memahami peranan media dalam proses mendapatkan pengalaman belajar, Edgar Dale
(1969:108) melukiskan dalam sebuah kerucut, kemudian dinamakan kerucut
pengalaman (cone of experience ), seperti pada berikut:
Kerucut pengalaman dari Edgar Dale
Fungsi Media Pembelajaran :
Fungsi
media pembelajaran, khususnya media visual, menurut levie dan lents (1982)
yaitu :
a.
Fungsi Atensi, yaitu
menarik dan mengarahkan perhatian peserta didik untuk berkonsentrasi kepada isi
pelajaran yang berkaitan dengan makna visual yang ditampilkan atau menyertai
teks materi pelajaran.
b.
Fungsi Afektif, yaitu
media visual dapat terlihat dari tingkat kenikmatan peserta didik ketika
belajara (atau membaca) teks yang bergambar.
c.
Fungsi Kognitif, terlihat
dari temuan-temuan penelitian yang mengungkapkan bahwa lambang visual atau
gambar memperlancar pencapaian tujuan untuk memahami dan mengingat informasi
atau pesan yang terkandung dalam gambar.
d.
Fungsi Kompensatoris, media
visual yang memberikan konteks untuk memahami teks membantu peserta didik yang
lemah dalam membaca untuk mengorganisasikan informasi dan mengingatnya
kembalia.
Tahapan mengolah dan menyajikan materi
pembelajaran ke dalam media berbasis TIK, menurut Elang Krisnadi (2009).
1.
Kumpulkan sumber-sumber yang memuat
materi sesuai topik-topik pembelajaran berdasarkan kurikulum, kompetensi yang
ingin dicapai Pemilihan sumber-sumber ini mempertimbangkan isi, tingkat keterbacaan,
dan integritas penulisnya. Sumber-sumber berupa majalah majalah/jurnal, atau
sumber-sumber di Internet.
2. Buat rancangan struktur isi
(outline) media dan urutan penyajian materi serta bentuk interaksi sesuai dengan
alur pembelajaran yang diharapkan.
3. Bentuk-bentuk interaksi yang dapat
dipilih antara lain: drill and practice, tutorial, permainan (game), simulasi,
eksplorasi, penemuan (Discovery) pemecahan masalah (problem solving).
4.
Pilih materi-materi yang sesuai dari
sumber-sumber yang sudah
terkumpul dan sajikan isi setiap topik secara singkat dengan bahasa yang sederhana dan komunikatif, dilengkapi dengan ilustrasi/visualisasi dalam bentuk gambar, grafik, diagram, foto, animasi, atau audio-audio.
terkumpul dan sajikan isi setiap topik secara singkat dengan bahasa yang sederhana dan komunikatif, dilengkapi dengan ilustrasi/visualisasi dalam bentuk gambar, grafik, diagram, foto, animasi, atau audio-audio.
5. Didalam memberikan visualisasi materi
tekstual, pengembangan media perlu memperatikan persyaratan VISUALS.
2. Menerapkan Media Pembelajaran Berbasis
TIK
Guru
harus memiliki pengetahuan dan
keterampilan dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) untuk
mengintegrasikan TIK didalamnya. Dalam proses pembelajaran seharusnya guru: (1) menjadi fasilitator, kolaborator, pelatih,
pengarah dan teman belajar; (2)
memberikan pilihan dan tanggung jawab yang besar untuk mengalami peristiwa
belajar.
Menurut Rosenberg (2001), dengan berkembangnya penggunaan TIK ada
Menurut
Surya D. 2012, pola yang memanfaatkan media pembelajaran sebagai sumber-sumber
selain guru dijelaskan pada gambar berikut:
Kelompok media
pembelajaran dibagi menjadi 4, berdasarkan indera yang terlibat (yanti H,
2009):
1. Pendengaran
2. Penglihatan
3. Pendengaran dan penglihatan
4. Multimedia
Jenis media yang
lazim dipergunakan dalam pembelajaran (Heinich, Molenda, Russel; 1996:8):
1
1. Media Visual Nonproyeksi dan Proyeksi
2. Media Audio
3. Media gerak
4. Media berbasis ICT (multimedia, hipermedia dan media
jarak jauh).
3. Mengembangkan
Media Pembelajaran
Media pembelajaran yang digunakan adalah media presentasi
yang dapat disajikan kepada siswa, agar tidak terjadi lagi proses pembelajaran
dengan menuliskan serangkaian materi di papan tulis, mendikte materi dan lain
sebagainya. Menggunakan teknologi informasi presentasi media
Komentar
Posting Komentar