F_KP1: Ruang Lingkup Pembelajaran Berbasis TIK



RESUME MODUL F_PEDAGOGIK
KP              :1  
MATERI     : RUANG LINGKUP PEMBELAJARAN BERBASIS TIK
NAMA        : UCI POTALE
KEAHLIAN: MULTIMEDIA
 

Tujuan    
 Setelah mengikuti kegitan belajar baik mandiri maupun terbimbing, peserta     
 mampu mengidentifikasi ruang lingkup pembelajaran berbasis tik 

Indikator        : 
Setelah kegiatan belajar baik mandiri ataupun terbimbing peserta dapat:
1.  
 Mengidentifikasi ruang lingkup pembelajaran pembelajaran tik
2.    Menjelaskan ruang lingkup pembelajaran berbasis TIK

 

Uraian Materi Sebelum memahami TIK, maka terlebih dahulu harus memahami dulu bahwa dalam TIK tidak akan lepas dari komputer dan istilah komputer yang sering digunakan dalam pembelajaran.

Komputer untuk pembelajaran sering diistilahkan dengan pembelajaran berbasis komputer atau yang sering disebut Computer Assisted Instruction (CAI) oleh Hick and Hyde. CAI adalah teaching process directly involving a komputer in the presentation of instructional materials in an interactive mode to provide and control the individualized learning environment for each individual student, Ismaniati, Ch. (2001:5).


Apa Itu TIK ?

Menurut Pusat Kurikulum Indonesia (2008), Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) atau Information and Communication Technology (ICT) mencakup dua aspek kata yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi.

Teknologi informasi berkaitan dengan proses manipulasi dan pemprosesan informasi, sedangkan teknologi komunikasi berkaitan dengan proses menyampaikan informasi dari pengirim ke penerima. Singkatnya bahwa informasi merupakan hasil dari sebuah data yang telah diproses dan menjadi data yang akan diolah menjadi informasi yang lainnya. TIK menggunakan seperangkat sistem yang menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya sesuai dengan kebutuhan TIK tersebut.


Bagaimana kaitannya dengan Multimedia ?

Multimedia
adalah penggunaan dan pemrosesan beberapa media yang berbeda untuk menyampaikan informasi atau penggunaan sejumlah teknologi berbeda yang memungkinkan untuk menggabungkan media dengan cara baru untuk tujuan pembelajaran yang lebih efektif. Penciptaan lingkungan pembelajaran yang memungkinkan terjadinya proses belajar, dengan menata unsur-unsurnya sehingga dapat mengubah perilaku peserta didik. Belajar dalam pengertian aktifitas mental peserta didik dalam berinteraksi dengan lingkungan yang menghasilkan perubahan perilaku yang bersifat relatif konstan.

Gatot Pramono (2008: 3)
memberikan batasan istilah yang spesifik bagi suatu paket pembelajaran berbasis komputer adalah CAI, CAL (Computer Assisted Learning) atau CBL (Computer Based Learning). Paket-paket ini tidak secara eksplisit mencantumkan multimedia di dalamnya, tetapi paketpaket tersebut merupakan multimedia dalam arti luas seperti; teks, audio, animasi, video, bahkan penggunaan metode simulasi seperti teks dan gambar.

Secara operasional,
yang dimaksud dengan pembelajaran berbasis TIK adalah aktivitas pembelajaran yang didukung oleh infrastruktur TIK, menggunakan aplikasi pengelolaan pembelajaran dan aturan yang dirancangkan menggunakan konten digital (Digital Based Content). Pembelajaran berbasis komputer merupakan program pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran dengan menggunakan software komputer berupa program komputer yang umumnya berisi tentang judul, tujuan, materi pembelajaran dan evaluasi pembelajaran.
Komponen dasar komputer ?

Secara sistem komputer terdiri dari tiga perangkat komponen dasar, yaitu :
1.    Perangkat keras (Hardware);
2.    Perangkat Lunak (Software);
3.    Manusia (Brainware).

1)    Perangkat keras adalah komponen fisik sistem komputer terdiri atas

Piranti Masukan (Input Device); peralatan yang digunakan untuk   
memasukkan data ke komputer. Contoh : Keyboard dan Scanner.

Piranti Pengolah (Central Processing Unit =CPU); CPU terdiri dari ALU (Arithmetic Logic Unit) dan Control Unit berfungsi sebagai otak sistem komputer yang melakukan pemprosesan aritmatika dan logika serta pengolahan data menjadi informasi.

Piranti Keluaran (Output Device); berfungsi sebagai media komputer untuk menampilkan informasi hasil olahan komputer. Contoh : Monitor, Printer, Plotter, Speaker, Modem, dll. Penyimpan Cadangan/Backing Storage (Storage Device); berfungsi untuk menyimpan informasi non aktif di dalam komputer. Contoh : Harddisk, Floppy (CD-ROM, CD-R, CD-RW,dll).

2)    Perangkat lunak dapat diklasifikasikan sebagai berikut :

Sistem Operasi, adalah bagian perangkat lunak yang  mengoperasikan komputer serta menyediakan antarmuka dengan dengan pengguna. Contoh: MS DOS, MS Windows (dengan berbagai generasi), Macintosh (dengan berbagai versi), LINUX (dengan berbagai distribusi), dll

Program Utilitas, adalah program khusus yang berfungsi sebagai perangkat pemeliharaan komputer,seperti anti virus, partisi, manajemen hardisk, dll. Contoh: Norton Utilities, PartitionMagic dll

Software Aplikasi, adalah program yang dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan spesifik. Contoh : aplikasi akuntansi, aplikasi perbankan, aplikasi manufaktur, dll

Program Paket, merupakan program yang dikembangkan untuk kebutuhan umum, Contoh : (a) Presentasi : MS Powerpoint, dll; (b) Desain grafis : Coreldraw, Photoshop, dll; (c) Pengolah kata/editor ; Wordstar, MS Word, Word Perfect, Amipro, dll; (d) Pengolah angka/lembar kerja : Lotus123, MS Excell, dll

3)  Manusia (Brainware), peran manusia dalam sistem komputer, 
     diantaranya   adalah;

Melakukan analisis terhadap permasalahan yang dihadapi, serta merancang pemecahannya dalam bentuk program komputer.

Programmer, berperan menerjemahkan rancangan yang dibuat kedalam bahasa pemrograman hingga solusi dapat dijalankan oleh komputerTeknisi, Operator, bertugas merakit dan menjalankan komputer berdasarkan instruksi yang diberikan.



                                       PERANGKAT KERAS


 

Komentar