RESUME MODUL
F_PEDAGOGIK_KP5
Nama : Uci Potale
Keahlian : Multimedia
KP : 5
Materi : Mengaplikasikan Multimedia
Pembelajaran
Setelah memahami materi, guru atau
peserta dapat mengaplikasikan multimedia pembelajaran dan dapat memenuhi
capaian indikator kompetensi pemebelajaran yaitu mampu memilih pembelajaran
berbasis multimedia dan mampu mengaplikasikan multimedia berbasis web.
SEPERTI APA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA ?
Multimedia merupakan perpaduan antara berbagai media yang berupa
teks, gambar, grafik, sound, animasi, video, interaksi, dll. Yang telah dikemas
menjadi file digital (komputerisasi) dan digunakan untuk menyampaikan pesan
kepada publik.
1. MULTIMEDIA PEMBELAJARAN
Rossi dan Breidle
(1966), mengemukakan media pembelajaran adalah seluruh alat dan bahan yang
dapat dipakai untuk tujuan pendidikan, seperi radio, televisi, buku, koran,
majalah, wirless dan sebagainya.
Multimedia terbagi
menjadi dua kategori, yaitu multimedia linier dan multimedia interaktif dan
memanfaatkan aneka sumber belajar.
Menurut Asyhar (2011) Penggunaan media
dalam pembelajaran sangat membantu meningkatkan keefektifan proses pembelajaran
dan penyampaian pesan, sehingga dibutuhkan prinsip dalam pemilihan media.
Prinsip Pemilihan Media
Dalam usaha memanfaatkan media sebagai
alat bantu, Erdgar Dale (Surya Dharma, 2012) mengadakan klasifikasi pengalaman
dari tingkat yang paling kongkret ke tingkatan yang paling abstrak. Klasifikasi
tersebut kemudian dikenal dengan nama kerucut pengalaman (cone of experience)
seperti pada gambar.
Gambar: Kerucut Pengalaman Dale Erdgar (Asyhar, 2011)
Kerucut
pengalaman
1.
MODEL-MODEL PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN
A.
Bentuk Pengembangan
Menurut
Rusman (2005) bentuk-bentuk pengembangan pemanfaatan multimedia interaktif
berbasis komputer dalam pembelajaran dapat berupa model drill, tutorial,
simulation dan games.
B. Tahapan pengembangan
Pustekkom (2007)
mengemukakan beberapa tahapan dalam pengembangan multimedia pembelajaran, yaitu:
1.
APLIKASI MODEL TUTORIAL DALAM MENGELOLAH KELAS
Tutorial
dalam program pembelajaran berbasis komputer ditujukan sebagai pengganti sumber
belajar yang proses pembelajarannya diberikan melalui teks, grafik, animasi,
audio yang tampak pada monitor yang menyediakan pengorganisasian materi dan
soal-soal latihan serta pemecahan masalah
Pada tahap proses produksi program tutorial, tahapan yang
diperhatikan sebagai berikut
1. Penyajian Informasi (Presentation Of Information)
2. Panjang teks penyajian (length of text presentation)
3. Grafik dan animasi, pembuatan grafik dan animasi dalam
program yang dibuat ditujukan untuk memenuhi pemahaman peserta didik terhadap
materi dan fokus informasi pada materi yang disajikan.
4. Warna dan penggunaannya, warna yang sesuai sangat
berhubungan dengan presentasi grafik berguna untuk menarik perhatian dan
memfokuskan peserta didik.
5. Penggunaan petunjuk, untuk memandu peserta didik dan
memberikan arahan tentang apa yang harus dilakukan peserta didik.
6. Pertanyaan dan Jawaban (Question Of Respones)
7. Penilaian Respon (Judging Of Respones)
8. Pemberian Balikan (Providing Feedback About Respones)
9. Pengulangan (Remediation)
10. Segmen Pengaturan Pelajaran (Sequencing Lesson Segment)
11. Penutup (Closing),
1 3.
MENGEMBANGKAN APLIKASI MULTIMEDIA BERBASIS WEB
Menurut Smaldino, et
al.(2011) World Wide Web atau lebih dikenal dengan kata web, dimanfaatkan
oleh dunia pendidikan dengan web based learning merupakan jenis
pembelajaran elektronik atau Electronic Learning (elearning). Karakteristik-karakteristik
e-learning menurut Wawan Laksito, 2015, adalah
1. Interactivity (interaktivitas)
2. Independency (kemandirian)
3. Accessibility (Aksesibilitas),
4. Enrichment (Pengayaan)
Contoh Pengaplikasian web media
Untuk mengaktifkan web media
ini dilakukan dengan cara berikut.
a .Klik Mozilla Firefox
b.
Ketikkan IP
Address/webmedia pada Address Bar
c. Tekan Enter,
Komentar
Posting Komentar